22 January 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Membangun Generasi Cinta Rasulullah: “Menggapai Ridho Allah Melalui teladan Rasulullah”

3 min read
Acara OSIS Sekolah Indonesia Cairo dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW “Membangun Generasi Cinta Rasulullah” “Menggapai Ridho Allah Melalui tealadan Rasulullah” Jumat, 23 Oktober 2020

Acara OSIS Sekolah Indonesia Cairo dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW
Jumat, 23 Oktober 2020
Pukul 13.00

Jumat berkah di kota Cairo menuju musim dingin terlihat aktivitas kerohanian di masjid Indonesia yang berada di jalan mosaddak dokki cairo persis satu area dengan Sekolah Indonesia Cairo, diawali dengan sholat jumat bersama dan tepat pukul 13.10 acara yang digagas oleh pengurus osis mulai dengan tema “Membangun Generasi Cinta Rasul”.
Acara dibuka oleh MC yaitu Dyah Ayu Qarina dan Amira Alfi dengan menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, adapun susunan acara sebagai berikut :

  1. Pembacaan ayat suci Al Quran oleh Izzat Yusuf Ismail
  2. Sambutan ketua OSIS yaitu Brianruski Al Haj
  3. Sambutan kepala Sekolah Indonesia Cairo oleh Bapak Ismail Nur
  4. Sambutan Ketua komite sekolah indonesia cairo sekaligus ketua Masjid Indonesia di Cairo yaitu Bapak Ahmad Ramadhan
  5. Kajian dengan tema Membangun Generasi Cinta Rosul dan tanya jawab bersama Bapak Misbahul Munir
  6. Dauroh Tajwid bersama Bapak Mahfudz Jamaluddin
  7. Dauroh Tahsin bersama Bapak Muhammad Wildan
  8. Penutup dengan doa oleh Bapak Misbahul Munir

Acara hari ini diawali lantunan merdu ayat suci Al Qur’an surat An Naba 1-20 oleh Ananda yusuf. Yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua OSIS Sekolah Indonesia, dalam sambutannya ketua OSIS menyapaikan banyak terima kasih atas kehadiran seluruh murid, guru dan para wali murid dalam acara tersebut dan juga permohonan maaf jika dalam acara ada kekurangan selama acara berlangsung.
Acara ketiga sambutan kepala sekolah. Dalam sambutan Kepala Sekolah menyampaikan bahwa beliau bangga terhadap anak-anak OSIS Sekolah Indonesia Cairo atas terselenggaranya acara hari ini dalam memperingati maulid nabi. Dan beliau berpesan supaya acara kerohanian seperti ini dapat berlanjut dan lebih baik lagi kedepannya, beliau memberikan dukungan penuh dengan kegiatan yang diadakan oleh OSIS.
Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Komite Sekolah Indonesia Cairo, harapan beliau kedepannya semoga kegiatan yang diadakan oleh OSIS memiliki dampak positif buat seluruh murid Sekolah Indonesia Cairo, bermanfaat dunia dan akhirat.
Akhirnya masuk ke acara inti yaitu kajian dengan tema Membangun Generasi Cinta Rasul. Isi dari kajian tersebut adalah bahwa Rasulullah adalah idola yang wajib diteladani karena beliau memberikan banyak contoh kehidupan untuk para umatnya. Sebagai generasi muda harus mencontoh dan mengidolakan Nabi Muhammad sebagai suri tauladan dalam kehidupannya sehingga dapat menjadi manusia yang tangguh, berilmu serta berakhlak mulia sebagaimana misi rasulullah diutus ke bumi ini yaitu menyempurnakan akhlaq.
Kajian yang kedua bersama Pak Mahfudz Jamaluddin dengan durasi kurang lebih satu setengah jam dengan tema Dauroh tajwid dan tahsin, belajar tajwid itu harus karena satu bagian dalam al quran. Dalam sesi ini seluruh peserta yang hadir baik di masjid Indonesia ataupun di zoom berpartisipasi membacakan surat Al Fatihah yang dibimbing langsung oleh Pak Mahfudz dan membahas tentang tajwid surat Al Fatihah.
Berikutnya sesi materi Qiroati oleh Bapak Muhammad Wildan membahas tentang cara membaca Al Qur’an dengan indah. Seluruh peserta kajian baik yang secara online maupun offline antusias ikut berpartisipasi mempraktekkan membaca Al Quran sesuai dengan arahan beliau. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh bapak misbahul munir, acara hari ini berdurasi kurang lebih dua setengah jam, tak lupa sesi foto bersama juga dilakukan baik secara virtual ataupun melalui zoom.(#sic-Hum)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial