17 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

PERTEMUAN ORANG TUA/WALI MURID BARU SEKOLAH INDONESIA CAIRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

3 min read

Sekolah Indonesia Cairo mengawali tahun pembelajaran 2021/2022 dengan kegiatan Pertemuan Orang Tua/Wali Murid Baru yang dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Juli 2021 pada pukul 10.00 waktu Cairo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh orang tua/ wali murid baru Sekolah Indonesia Cairo, Ketua Komite Sekolah Indonesia Cairo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, dan seluruh jajaran Sekolah Indonesia Cairo.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator Bapak Bandriyo.S yang kemudian disusul lantunan tilawaah dari Ananda Ula Az’zahra siswa SD kelas 2 Sekolah Indonesia Cairo. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Idonesia Cairo yaitu Bapak Ismail Nur yang juga merupakan Kepala Sekolah Indonesia Cairo. Beliau menyampaikan bahwa dalam PPDB tahun ini dilaksanakan secara online atau daring karena Mesir masih dalam pandemic Covid-19. Untuk tahun ini peserta didik baru yang diterima oleh Sekolah Indonesia Cairo berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari: TK berjumlah 3 peserta didik, SD berjumlah 14 peserta didik, SMP berjumlah 6 peserta didik, dan SMA berjumlah 3 peserta didik.

Kegiatan berikutnya adalah sambutan dari ketua komite Sekolah Indonesia Cairo yaitu Bapak John Admiral beliau juga pada kegitan tersebut menyerahkan seluruh peserta didik baru secara simbolis kepada Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur. Pada saat sambutan beliau menyampaikan “Selamat kepada seluruh siswa yang diterima di Sekolah Indonesia Cairo, kalian adalah siswa-siswi terpilih. Sehingga belajarlah yang rajin agar dapat meraih prestasi yang setinggi-tingginya. Segeralah kalian menyesuaikan diri dengan lingkungan Sekolah Indonesia Cairo melalui kegiatan MPLS”.

Serah terima peserta didik Sekolah Indonesia Cairo selanjutnya diterima oleh Kepala sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur. Selanjutnya dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan secara daring atau online, menggunakan tools atau perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di manapun.

Orang tua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif. Kemudian menimbulkan empati kepada guru yang tadinya mungkin belum ada.

Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Tetapi, pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi.

Kemudian acara sambutan terakhir dilakukan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo Bapak Bambang Suryadi, beliau sekaligus juga membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan dilaksanakan 3 hari kedepan. Dalam sambutannya beliau menyapaikan senada dengan Bapak Kepala Sekolah bahwa dalam kegiatan pembelajaran di era pandemic ini perlu adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah sebagai penyelenggaea proses pembelajaran, peserta didik dan tentunya partisipasi orang tua dalam menciptakan proses pembelajaran daring secara ideal.

Pembelajaran secara tatap muka saat ini belum dapat dilaksanakan karena masih adanya pandemic Covid- 19 di wilayah Mesir saat ini. Nantinya kemungkinan akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas apabila kasus Covid-19 di wilayah mesir sudah cukup mereda.

Selain itu beliau juga menyampaikan betapa pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) karena dari situ peserta didik akan tahu visi-misi, Kurikulum, kegiatan, dan Ekstrakurikuler yang dimiliki oleh Sekolah Indonesia Cairo. MPLS ini sangat penting bagi peserta didik untuk mengenal lingkungan sekolah sebelum mereka mengikuti pembelajaran.

Pada kegiatan selanjutnya dipimpin doa oleh Bapak Misbakhul Munir dan kemudian ditutup oleh Moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial