19 August 2022

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

KUNJUNGAN PERTUKARAN BUDAYA DENGAN SEVEN PILLARS INTERNATIONAL SCHOOL

4 min read

Cairo, 7 Desember 2021- Dalam rangka merajut persahabatan dan pertukaran budaya dengan sekolah-sekolah Mesir, Sekolah Indonesia Cairo melakukan kunjungan ke Seven Pillars International School yang terletak di Area MU23, The New Administrative Capital pada hari Selasa, 7 Desember 2021. Sekolah Indonesia Cairo dalam kunjungannya untuk mengenalkan budaya-budaya Indonesia dengan menampilkan Tarian tradisional Jaipong yang dibawakan oleh Ananda Aisha Saliha, Fella Fazia, Laila Nur Alfiah, Reva Lutfia, Fauzi dan Cyrine Fajrah Humaira.

Kami siswa/I Sekolah Indonesia Cairo berangkat pukul 08.45 dari sekolah dan menuju Nasr City untuk menjemput siswa dan pelatih yang tinggal disana. Kami tiba di Seven Pillars International School pukul 11.00, kemudian kami disambut dengan sangat meriah oleh anak-anak TK Seven Pillars International School. Yang lebih menarik lagi mereka mengucapkan selamat datang dengan Bahasa Indonesia dan mereka juga membagikan bunga selamat datang kepada semua siswa, guru, beserta pelatih yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dengan sambutan yang ramah tersebut membuat kami seakan sudah seperti sahabat lama yang dipertemukan kembali. Selanjutnya kami mengikuti tur yang diberikan dengan mengelilingi sekolahan, kami diperlihatkan ruang kelas dengan standar Internasional dan tentunya banyak sekali materi ajar yang tertempel di dinding kelas masing-masing. Pemimpin tur menjelaskan kepada kami setiap ruangan yang kami kunjungi, terdapatn beberapa ruangan sedang dalam proses pembelajaran yang dapat kami lihat dari luar yang tentunya sangat menarik sekali.

Diakhir tur, kami diantar sampai pada ruangan aula yang cukup luas, disana kami diberikan waktu untuk mempersiapkan penampilan kami. Para siswi yang akan menampilkan tari dirias oleh pelatih seni tari kak Nissaul Ulfa di ruangan berbeda. Sedangkan siswa/I yang akan menampilka music modern menata alat musik Piano dengan pelatih music Modern kak Alby Wafa Bactiar. Sambil menunggu persiapan siswa/I Sekolah Indonesia Cairo, Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur berbincang dengan para siswa/I Seven Pillars International School. Beliau berkenalan dengan siswa/I Seven Pillars International School yang uniknya salah satu dari siswa tersebut dapat berbahasa melayu. Kemudian Bapak Ismail Nur berbincang dengan siswa tersebut.

Pukul 12.00 tepat kegiatan utama pertukaran budaya antar sekolah dimulai oleh pembawa acara siswi Seven Pillars International School. Acara berikutnya adalah tilawah Surat Yasin oleh siswi Seven Pillars International School dengan suara yang sangat merdu sehingga membuat hati sejuk. Selanjutnya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan semua hadirin berdiri serta menyannyikan lagu Indonesia raya dengan khidmad. Kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Mesir “Biladi, Biladi, Biladi” yang dinyanyikan dengan khidmad.

Acara selanjutnya adalah sambutan selamat datang dari Kepala Sekolah Seven Pillars International School Ibu Marwah Shawqi. beliau mengucapkan selamat datang di Seven Pillars International School dan beliau merasa bangga sekali dapat bekerjasama dan melakukan pertukaran budaya dengan Sekolah Indonesia Cairo. Beliau sangat berharap dapat melihat tampilan budaya indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya yang beranekaragam.

Selanjutnya adalah  sambutan dari Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk memperingati persahabatan antara Indonesia dan Mesir yang sudah menjadi sahabat selama puluhan decade. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat menjadi pertukaran budaya antara kedua sekolah, kunjungan ini juga sebagau sarana mempererat hubungan antara kedua sekolah atau bahkan kedua generasi dari negara Indonesia dan Mesir dimasa yang akan datang. Diakhir sambutan beliau juga berharap agar Seven Pillars International School dapat berkunjung ke Sekolah Indonesia Cairo.

Pernyataan tersebut langsung ditanggapi oleh Kepala Sekolah Seven Pillars International School ibu Marwah Shawqi “tahun depan kami akan berkunjung ke Sekolah Indonesia Cairo untuk melihat budaya yang lainnya”. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam kunjungannya nanti siwa/I Seven Pillars International School dapat belajar seni tari, lagu Indonesia dan seni beladiri khas Indonesia (silat). Mereka juga berharap dapat mempelajari budaya Indonesia yang lainnya ketika Seven Pillars International School berkunjung nanti.

Selanjutnya diancara inti penampilan budaya dari sekolah Indonesia Cairo yaitu Tari Jaipong yang dibawakan oleh Ananda Aisha Saliha, Fella Fazia, Laila Nur Alfiah, Reva Lutfia, Fauzi dan Cyrine Fajrah Humaira. Dengan baju adat tari jaipong membuat penampilan mereka terlihat sangat spektakuler, semua mata sudah memandang mereka ketika mereka mulai  memasuki panggung. Decak kagum dari guru dan siswa Seven Pillars International School melihat penampilan mereka. Hampir semua guru mengeluarkan smartphone mereka untuk merekam tampilan memukau tersebut. mereka seakan-akan tersihir dengan tarian tersebut yang hanya membuat mereka terdiam dan kagum dan tepuk tangan yang meriah bergema di ruangan tersebut mengakhiri penampilan tari mereka.

Tampilan selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah tampilan music modern oleh Ananda Rania Rozaina Ahlidin, Cyrine Fajrah Humaira, Marwa Muhlashon, Izzat Qushayyi Ismail dengan menampilkan lagu “My Heart Will Go On”. Lantunan suara merdu Ananda Cyrine dibalut dengan music yang indah dari para Pianis membuat lagu tersebut semakin indah. Tepuk tangan yang meriahpun mengakhiri tampilan tersebut. selanjutnya adalah acara ramah-tamah makan bersama yang kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan dan foto bersama diakhir acara. Sebelum pulang kami dipersilahkan sholat Dzuhur terlebih dahulu di mushola Seven Pillars International School.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial