8 September 2024

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Rabu, 17 Juli 2024, OSIS Sekolah Indonesia Cairo mengadakan acara peringatan Tahun Baru Islam yang dihadiri oleh seluruh siswa-siswi dan bapak Ibu guru. Acara ini berlangsung di aula sekolah, di mana seluruh peserta mengenakan busana Muslim.

Salah satu highlight acara ini adalah pidato yang disampaikan oleh wakil Kepala Sekolah, Bapak Misbahul Munir. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya mengenal kalender Islam, selain kalender Masehi yang umum digunakan. Bapak Misbahul Munir mengingatkan para siswa bahwa sebagai umat Islam, kita perlu memahami sistem penanggalan Islam yang berbeda dengan penanggalan Masehi yang lebih familiar. Beliau menjelaskan bahwa Kalender Masehi menggunakan sistem penanggalan yang didasarkan pada peredaran bumi mengitari matahari. Sementara kalender Hijriah menggunakan sistem penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan mengitari bumi.

Dalam acara peringatan Tahun Baru Islam ini, sesi inti berupa tausiyah yang disampaikan oleh Ibu Naimah Manurung, seorang guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Indonesia Cairo. Dalam tausiyahnya, Ibu Naimah menyampaikan beberapa hal penting, salah satunya adalah mengenai keutamaan melakukan puasa Sunnah Asyura. Beliau menjelaskan bahwa puasa Asyura merupakan salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Ibu Naimah memaparkan alasan-alasan mengapa puasa Asyura memiliki kedudukan yang istimewa, baik dari sisi sejarah maupun keutamaannya secara spiritual.

Selain itu, Ibu Naimah juga memutar sebuah video yang menggambarkan peristiwa Nabi Musa membelah Laut Merah. Melalui pemutaran video ini, Ibu Naimah berupaya untuk menginspirasi dan menguatkan iman para siswa, dengan mengingatkan mereka akan mukjizat-mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi-Nya.

Tausiyah Ibu Naimah ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman dan penghayatan para siswa terhadap ajaran Islam, serta memotivasi mereka untuk senantiasa mengamalkan amalan-amalan sunah yang dianjurkan dalam agama.

Pada sesi terakhir acara peringatan Tahun Baru Islam di Sekolah Indonesia Cairo, doa penutup dibawakan oleh Ananda Maula Faqih, siswa kelas XI IPA sekaligus Ketua OSIS SIC.

Sebagai pemandu acara, Naira Admiral, siswa kelas XII IPS, memandu jalannya acara dengan baik dari awal hingga akhir. Secara keseluruhan, acara ini berlangsung kurang lebih tujuh puluh menit.

Sebelum pulang, panitia dari OSIS membagikan snack yang merupakan hasil campuran dari beragam makanan yang dibawa oleh masing-masing siswa dari rumah. Hal ini menunjukkan adanya kerjasama dan gotong royong di antara para siswa dalam menyukseskan acara tersebut.

Acara peringatan Tahun Baru Islam di Sekolah Indonesia Cairo ini ditutup dengan perasaan gembira di hati para siswa. Mereka pulang dengan membawa kenangan positif dan semangat untuk terus memperkaya pemahaman serta pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Keberhasilan acara ini tentu tidak lepas dari peran aktif seluruh komponen sekolah, mulai guru, OSIS, dan para siswa yang saling bersinergi untuk membuat acara peringatan Tahun Baru Islam ini berjalan dengan lancar dan bermakna.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Əvvəlcədən, təsvirə üçün, bu oyunu sevənlər üçün əlamətdar bir seçimdir. 1win də uduşlarınızı çıxarmaq 1Win Aviator saytında və mobil və sairə Spribe oyunlarını da ixtira edə bilərsiniz. üstünlük verdiyiniz Ayrıca, istifadəçi dialoq tarixini HTML formatında kompüterinə yükləyə bilər 1win. 1win oyna Virtual idmanları real pul qazancı və alışlar olmadan da oynamaq mümkündür. olan azərbaycanlı