4 August 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Rapat Kerja Sekolah Indonesia Cairo

2 min read

Sekolah Indonesia Cairo mengawali tahun 2021 ini dengan Rapat Kerja guru dan staf, rapat kerja diikuti oleh guru nasional maupun guru Cambridge. Rapat dilaksanakan pada jam 08.00-15.00 CTL  tanggal 7-8 Januari 2021. Agenda rapat tersebut membahas tentang Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan program kerja yang akan dilaksanakan selama 1 tahun kedepan. Rapat ini diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur dan Atase Pendidikan KBRI Cairo Bapak Bambang Suryadi. Dalam sambutannya Bapak Ismail Nur menegaskan kembali agenda rapat yang akan dilaksanakan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa Rapat Kerja ini akan dibuat menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 yang juga sedang melanda wilayah Mesir.

Dalam sambutanya Bapak Bambang Suryadi menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan dan program sekolah. Yang pertama adalah membuat perencanaan yang sesuai dengan kondisi kita saat ini. Kedua, dengan anggaran yang ada perlu adanya pendekatan, yaitu uang mengikuti program atau program mengikuti uang. Sehingga dalam perencanaan anggaran harus disesuaikan dengan baik dan tetap berkoordinasi dengan pusat, karena biasanya akan ada program di luar rencana yang perlu kita antisipasi juga. Ketiga, pengalaman dan juga praktik baik yang sudah dilakukan oleh sekolah perlu diidentifikasi mana yang akan dilanjutkan kembali. Keempat, program tahunan yang mempunyai efek signifikan  dalam performa guru dan kualitas peserta didik. Yang kelima, keterlibatan semua pihak.Dalam menjalankan kegiatan diharapkan Sekolah Indonesia Cairo dapat melibatkan berbagai pihak yang terkait. Keenam, mengimplementasikan strategi yang telah dibuat. Setelah rencana dan strategi awal dibuat, maka tahapan selanjutnya adalah mengimplementasikannya sebagaimana yang sudah direncanakan agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang didinginkan. Ketujuh, monitoring dan evaluasi . Dalam tahapan ini setiap kegiatan yang dilaksanakan harus tetap dipantau dan tentu saja dievaluasi agar dapat berkembang nantinya. Yang terakhir adalah tahapan laporan. Setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun harus dilaporkan dan juga dipertanggungjawabkan.

Setelah menyampaikan sambutan, Bapak Bambang Suryadi membuka kegiatan Rapat Kerja Sekolah Indonesia Cairo tahun 2021. Selama dua hari banyak terjadi diskusi dalam pembahasan EDS dan juga program kerja untuk Sekolah Indonesia Cairo. Dengan adanya rapat kerja diharapkan kegiatan sekolah dalam satu tahun kedepan bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial