18 May 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Peringatan Isra Mi,raj di Sekolah Indonesia Cairo

2 min read

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi diri guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dari pendidikan karakter adalah dengan meningkatkan sikap spiritual dalam diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kerohanian. OSIS Sekolah Indonesia Cairo mengadakan kegiatan peningkatan karakter spiritual siswa. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja OSIS Sekolah Indonesia Cairo Periode 2020/2021 yang juga sebagai sarana mempererat silaturahmi dengan seluruh keluarga besar Sekolah Indonesia Cairo

Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam yang mengisahkan perjalanan Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini diperingati sebagai perjalanan suci Rasulullah sekaligus tanda kekuasaan Allah SWT. Isra adalah perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa, sedangkan Mi’raj adalah perjalanan beliau dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha. Pada peristiwa ini, Rasulullah berkesempatan untuk bertemu dengan Allah secara langsung. Isra Mi’raj pada tahun ini diperingati pada Hari Kamis, 11 Maret 2021 tahun masehi. Tahun ini pun Sekolah indonesia Cairo juga memperingati Isra Mi’raj yang diselenggarakan secara daring. Acara tersebut dimulai pukul 10.00 CTL dengan dibuka oleh Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur, beliau menyampaikan pesan dan kesan secara singkat kepada seluruh peserta didik Sekolah Indonesia Cairo.

Kemudian acara utama diisi oleh Ustadz Muhammad Ziaul Haq, Lc., yang merupakan lulusan dari universitas Al-Azar Mesir yang sekarang juga sedang menempuh S2 pada universitas tersebut. Ustadz Zia membuka acara tersebut dengan hangat, sehingga peserta didik merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ustadz Zia menjelaskan bagaimana kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dengan Bahasa yang ringan yang mudah dipahami oleh peserta didik SD. Terlihat jelas wajah penasaran peserta didik dalam mendengarkan kisah yang diceritakan oleh Ustadz Zia dengan dibalut pesan mendalam pada peristiwa Isra Mi’raj tersebut. Antusiasme anak-anak semakin terlihat diakhir kegiatan dimana para peserta didik saling berebut untuk melontarkan pertanyaan kepada Ustadz Zia. Apalagi ketika Ustadz Zia memberikan sebuah kuis dengan hadiah sebuah buku bacaan, peserta didik saling berebut untuk menjawabnya. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi peserta didik dalam meningkatkan karakter spriritual mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial