10 April 2024

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Akreditasi Sekolah Indonesia Cairo

2 min read

Dalam rangka memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasi, Sekolah Indonesia Cairo telah menerima visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) yang bertujuan melakukan re-akreditasi sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA, pada tanggal 2-5 April 2023, dengan mengutus dua orang asesor, yaitu Dr. H. Maskuri, M.Ed. dan Dr. Ir. Budi Susetyo, M.Si.
Penilaian dalam proses akreditasi sekolah setidaknya mencakup 4 tahapan, yaitu:

  1. Dokumen
  2. Wawancara
  3. Observasi, dan
  4. Angket siswa

Pemindaian dokumen telah dilakukan sejak pengisian berkas yang diunggah (upload) ke Daftar Isian Akreditasi (DIA) dalam Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (SISPENA), sebagai syarat penetapan sekolah yang akan divisitasi.

Dalam sesi wawancara, asesor melibatkan berbagai elemen yang ada di sekolah, baik dari unsur pimpinan dalam hal ini Bapak Bambang Suryadi selaku Atdikbud KBRI Cairo sekaligus Plt. Kepala Sekolah, jajaran Wakil Kepala Sekolah, dilanjut dengan Guru, wali murid, serta siswa yang terlibat langsung dengan proses pembelajaran di sekolah.

Asesor melakukan observasi ke beberapa kelas untuk melihat langsung proses pembelajaran yang ada di sekolah, guna menyocokkan dengan hasil dari pemindaian dokumen dan sesi wawancara yang dilakukan sebelumnya. Kemudian proses akreditasi diakhiri dengan pengisian angket dari tim asesor oleh para siswa.

Pada hari terakhir visitasi, asesor menyampaikan adanya beberapa tahapan yang tersisa sebelum keluarnya hasil akreditasi, yaitu validasi proses dan hasil visitasi, verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi, penetapan hasil dan rekomendasi akreditasi, pengumuman hasil akreditasi, yang terakhir penerbitan sertifikat akreditasi dan rekomendasi.

Alhamdulillah semua rangkaian visitasi dalam rangka re-akreditasi di Sekolah Indonesia Cairo berjalan dengan baik dan lancar, berkat doa serta dukungan dari semua, dan kita berharap semoga mendapatkan hasil akhir yang terbaik sesuai dengan harapan, sehingga bisa memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah kita telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi dan persyaratan pendidikan nasional.

Berita Lainnya

1 min read
1 min read
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial