Acara Wisuda SIC: TK, SD, SMP, dan Pelepasan SIC SMA ZOOM live dan Youtube

Hari yang cerah ini, dengan tidak mengindahkan cuaca corona, akan tetapi suhu udara yang adem-adem panas diawal musim panas tahun 2020. Langsung melalui Zoom dan youtube, acara wisuda siswa-siswi SIC empat jenjang: TK, SD, SMP dan SMA dilaksanakan. Takut lupa dengan acara “sesuatu ini” jika berbanding pada tahun tahun sebelumnya dengan tradisi wisuda lazimnya. Wisuda online ini secara subsantif tidak melenceng beda dengan wisuda klasik. Berbeda pada setting tempat dan lokasi serta waktu para undangan. Jika wisuda klasik biasa dalam satu aula atau auditorium, Wisuda Online melampaui batas ruang dan waktu. Undangan dan hadirin, ada yang berada di bumi pertiwi, ada yang di tanah arab diluar mesir. Mungkin hikmah lain dari cuaca corona.

Seperti terungkap, wisudawan adalah semua jenjang dari TK, SD, SMP dan SMA. Disini semua berhasil dan lulus ataupun naik tingkat. Semua bergembira, wisudawan, orang tua wisudawan. Dan berkat Allah SWT, keberhasilan anak-anak SIC ditahun corona ini sudah pas untuk diapresiasi setinggi-tingginya. Tidak ada yang berkurang semua normal dalam giat pencarian ilmu di rana SIC. Bahkan ada saja dari mereka yang semakin temarang, bagaimana cara bisa berhasil dalam suasana pandemic. Dan mereka telah membuktikan. Semua berhasil, Pesan dan Kesan luar biasa positif dan memotivasi tertuang dalam testemonial yang nampak begitu dibacakan nama-nama mereka sebagain siswa-siswa yang cemerlang.

Acara bertambah “sesuatunya”, bila dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Mesir, Bapak Helmy Fauzy, DCM Bapak Fungsi Pensosbud KBRI Kairo Bapak Ramadan, Fungsi Atdik Bapak Usman Shihab. Dan tamu undangan khusus adalah alumni Senior Bapak Hayono Isman, Alumnus Sekolah Indonesia Cairo dan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Beliau adalah alumnus tahun 1964 s/d 1966, putera dari  Jenderal Mas Isman, mantan DUBES R.I. untuk MESIR kala itu. SIC mendapat dobel kehormatan dengan kehadiran beliau beliau pada acara wisudah online ini.

Sambutan-sambutan :

Sambutan Kepala Sekolah

Kepala Sekolah dalam sambutanya menyampaikan pesan kepada wisudawan beliau berpesan dengan mengutip ujaran dari Ibnu Abbas beberapa kalimat :

– Jagalah Allah niscaya Allah akan menjagamu. 

– Jaga Allah di mana saja engkau berada.

– Kalau engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah SWT.

– Kalau engkau minta tolong, mintalah tolong kepada Allah SWT.- Seluruh umat manusia bersatu untuk mengangkatmu, tetapi kalau Allah belum menghendaki, semuanya tidak akan terjadi.

Sambutan Ketua Komite Bapak Ramadan:

Ketua komite mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah dan para guru SIC, KBRI Cairo, Dubes KBRI Cairo, DCM, Atdik dan seluruh panitia wisuda hingga acara berjalan lancar. Mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan SIC, dan mendoakan untuk kelas12 semoga sukses dan melanjutkan kuliyah di dalam negeri ataupun  di universitas luar negeri, beliau juga mendoakan semoga seluruh siswa sic menjadi pemuda yang tangguh sukses dunia dan akhirat, berguna bagi nusa dan bangsa, tak lupa beliau juga menyampaikan permohonan maaf jika ada interaksi dari para siswa atau wali murid yang kurang berkenan untuk dimaaf

Sambutan Atdik Bapak Usman Shihab

Dalam pidatonya Atase Pendidikan dan kebudayaan menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar KBRI Cairo yang telah melindungi dan mengayomi segala kegiatan di SIC, kepala Sekolah Indonesia Cairo , para guru Sekolah Indonesia Cairo, para wali murid atas kepercayaannya menyekolahkan anaknya di SIC sekaligus minta maaf atas segala kekurangan dalam pelayanan di SIC. 

Beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan, beliau mendoakan semoga para wisudawan sukses di perguruan tinggi yang dicita – citakan dan menjalankan pendidikan tinggi dengan sukses, insya allah dg bekal pendidikan  selama  di SIC yaitu  pendidikan karakter yang diperoleh,  nilai akademik mampu menunjang  ke jenjang berikutnya. 

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya wisuda virtual tersebut. Harapan beliau kepada para wisudawan supaya siap untuk menjadi generasi terbaik harapan bangsa dan Negara  dan menjadi generasi emas serta generasi  yang unggul di masa yang akan dating.

Sambutan Bapak Hayono Isman:

  • Wejangan beliau untuk menjadi insan yang satria dan bukan pecundang.
  • Sejalan dengan situasi corona yang terjadi agar bisa belajar dari situasi ini dan mengharapkan untuk bisa menjadi pribadi yang juara dan senantiasa ingat kepada sang Khalik.
  • Para Wisudawan adalah para pemimpin masa mendatang.juga menggaris bawahi agar tunas-tunas bangsa untuk merakyat dalam hidup. 
  • Untuk kedepannya bisa melek teknologi. 
  • Be perfect.. begitu beliau menambahkan wejanganya. 
  • Belajar dari kebiasaan kecil kecil adalah pelatihan dalam pembentukan kakarakter.
  • Semangat untuk menjadi terbaik pada setiap saat harus dihidupkan.

Sambutan Bapak Duta Besar:

  • Mengajak wisudawan untuk menjadi personal yang kritis. semangat akan menuntut ilmu untuk terus 
  • Membangun semangat yang tidak lekan dan surut
  • Doa kita semua untuk semua yang lagi diwisuda. Khusus disampaikan untuk semua kelas 12 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.