Pa De’ DARPO, Kami akan selalu mengenangmu, Sukses selalu



Waktu itu puncaknya musim dingin di awal januari 2017 Sekolah Indonesia Cairo kedatangan tujuh guru baru hasil seleksi dari kemdikbud RI, salah satu diantaranya adalah guru kesenian yang memiliki keterampilan lain sebagai dalang wayang kulit, beliau adalah pak Darpo seorang guru PNS asal Jawa Tengah dan mukim di Muara Taweh Kalimantan, beliau adalah pemenang juara pertama guru kesenian yang berprestasi tingkat nasional pada tahun 2016 ( Gupres Nasional ). Sekolah Indonesia Cairo beruntung memiliki guru kesenian seperti pak Darpo karena sangat piawai dalam mengajarkan kesenian nusantara kepada seluruh siswa siswi Sekolah Indonesia Cairo, anak-anak diajari menari tarian daerah, menyanyi lagu nasional dan daerah, bermain musik angklung, musik gamelan, musik band, membatik, dan lain-lain. Anak yang tadinya gak bisa menari dengan tangan dingin pak Darpo mampu disulap menjadi anak yang mampu menari penuh percaya diri untuk tampil di atas panggung, begitu juga dengan bermain berbagai musik.
Dalam kesehariannya beliau sosok yang sederhana namun cerdas, terbukti selain sebagai guru kesenian beliau juga mengampu mata pelajaran lain seperti matematika ciri khas pak Darpo adalah dialek Bahasa Indonesianya yang kental dengan logat Jawa.
Selain mengajar murid SIC beliau juga mengajarkan gamelan dan angklung kepada ibu-ibu DWP KBRI Cairo untuk acara tertentu, pernah juga melatih siswa siswi Puskin bermain angklung. Banyak kenangan indah kami bersama beliau dalam memperkenalkan budaya Indonesia di kancah Internasional melalui pertunjukkan seni, sering sekali siswa siswi SIC terlibat dalam misi budaya KBRI Cairo.
Tak terasa tiga setengah tahun kebersamaan ini dan saat ini saatnya beliau kembali ke tanah air karena tugasnya sebagai guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri telah berakhir di bulan juni 2020. Terima kasih banyak pak Darpo segala jasa dan jerih payah bapak selama ini untuk keluarga besar Sekolah Indonesia Cairo tak akan pernah kami lupakan, kenangan manis pasti akan akan selalu membekas di hati kita semua, semoga di tanah air Bapak makin sukses dan tidak melupakan kami semua, sampai ketemu lagi di lain waktu sayonara.