Pemantapan TIK untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran (IHT SIC Di Amarante Pryamids)
2 min readCairo, 8-10 Oktober 2020
Pembukaan
Tercanangkan dari awal tahun ajaran, pelaksanaan IHT(In House Training). Meski Pandemic belum juga beranjak dari sekitar Cairo dan bahkan seantero mesir, dari timur ke barat dan selatan ke Utara.
Dengan situasi yang seperti ini, antusias para guru dan sivitas SIC, untuk ikut dalam pelatihan 2 malam 3 hari, tidak tertundukan. Dan demikianlah mereka datang dengan angkutan yang disiapkan SIC dan lainya tiba ke lokasi dengan kendaraan sendiri.
Pada pembukaan IHT, dihadiri oleh KUAI KBRI Kairo M. Aji Surya dan Atdik KBRI Kairo, Prof. Bambang Suryadi, Ph.D.
Harapan Atdik melalui kegiatan IHT ini kompetensi guru-guru terutama dalam literasi TIK bisa meningkat, dengan memiliki kompetensi literasi TIK bisa meningkatkan kemampuan para guru dalam proses belajar mengajar. Jika proses KBM di masa pandemi covid berhasil dengan menggunakan TIK sy optimis kompetensi siswa pasti tercapai. Jadi kegiatan ini ada korelasinya dengan peningkatan prestasi siswa melalui kompetensi guru terutama dalam literasi TIK.
**
Pada sambutan dari Bapak Aji Surya menyampaikan bahwa seluruh guru SIC merupakan guru yang hebat dan berkualitas tidak ada kata tidak bisa jika melakukan hal baru tetapi harus memiliki mindset Pasti Bisa, sehingga jenis tantangan apapun bisa terselesaikan dengan baik.
dan beliau dalam sambutanya ini, untuk Belajar di masa pandemi di menjadikan finlandia sebagai contoh model .
Prosedur belajar daring di Finlandia
- Guru dituntut untuk lebih kreatif
- Jadwal pembelajaran normal
- Guru dan orang tua terhubung melalui helmi account
- Bentuk tugas bervariasi dan more fub
- Waktu pengumpulan tugas fleksibel
- Guru dan murid tergabung dalam microsoft team melalui gadget
- Kegiatan belajar mengajar harus tetap interaktif.
Begitu beliau memaparkan Model pembelajaran di Finlandia, yang menurutnya positif untuk dijadikan tiruan bagi pengajar di lembaga Sekolah Indonesia Cairo.
Tantangan besar guru saat ini :
- Guru penentu masa depan kompetisi siswa didik
- Guru perlu menerangkan target capaian siswa didik
- Proyeksi SIC menjadi sekolah Indonesia terbaik di Luar Negeri
Kedepannya beliau mengharapkan anak-anak SIC untuk mampu menguasai Bahasa Arab ataupun bahasa Lokal dimana sekolah indonesia berada.
Beliau mengakhiri sambutanya dengan mengemukan Rasio perimbangan guru dan murid :
SIC 14 guru indo 7 guru cambridge 2 TU 1 Kepsek rasio guru 1 : 6 di finlandia rasio guru dan murid 1 : 10. Harapannya dengan adanya rasio yang bagus SIC harus terbang tinggi dari lainnya siswanya tiap tahun harus meningkat dan meningkat.
Harapannya pula, para guru agar mampu membawa siswa jauh lebih baik, di kantor tetap mematuhi protokol kesehatan menjadi uswatun hasanah di lingkungan kita tetap mengajarkan keindonesiaan ke siswa jgn smp mengajarkan yg tdk sesuai dg prinsip kebhinekaan.
Usai sambutan dan paparan, beliau membuka secara resmi Pelaksanaan In Hotel Training.(#sic-Hum)
Pemantapan TIK untuk Peningkatan Mutu pembelajaranhttps://t.co/EcnnayorLV
— Sekolah Indonesia Cairo (@SIC_Cairo) October 9, 2020