14 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

SEKOLAH INDONESIA CAIRO MENGUNJUNGI CAIRO INTERNASIONAL BOOK FAIR

3 min read

Cairo, 15 Juli 2021- Sudah menjadi program setiap tahun untuk Sekolah Indonesia Cairo mengunjungi Cairo Internasional Book Fair. Hampir setiap tahun kecuali tahun 2020 Sekolah Indonesia Cairo dating dalam acara tersebut, tentunya untuk menambah wawasan para peserta didik. Tahun ini Cairo Internasional Book Fair diadakan di Egypt International Exhibition Center (EIEC) tempat tersebut sangat luas dan dengan sarana-prasarana protokol kesehatan yang sangat bagus.

Meskipun sudah mengikuti berkali-kali untuk tahun ini berbeda, karena adanya pandemic covid-19 Sekolah Indonesia Cairo hanya mengikutsertakan 29 peserta didik karena harus menjaga protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari berangkat, bahkan didalam bus pun jaga jarak dan protokol kesehatan sangat diutamakan. Oleh karena itu untuk kegiatan ini kita menyewa 2 bus dan 1 coaster KBRI untuk dapat menjaga jarak dengan baik.

Kegiatan kami pada tahun ini bertemakan “Literasi itu wujud kemerdekaan, bukan sebuah paksaan, setiap orang harus bisa menikmatinya”. Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur, bahwa literasi itu sangat penting, namun dalam menanamkan budaya literasi ini harus kita pupuk sejak dini. Sehingga nantinya literasi ini tidak hanya menjadi sebuah angan-angan saja tetapi menjadi sebuah kharakter bagi peserta didik Sekolah Indonesia Cairo.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini budaya membaca masyarakat Indonesia sangatlah rendah, bahkan Indonesia menduduki peringkat 62 dari 70 negara. Hal tersebut membuktikan betapa rendahnya tingkat literasi bangsa kita. Apalagi di masa pandemic sekarang ini, banyak sekali waktu luang yang dapat kita manfaatkan untuk membaca dan menambah wawasan melalui buku. Alasan-alasan tersebutlah yang membuat Sekolah Indonesia Cairo mengadakan kunjungan ke Cairo Internasional Book Fair.

Ternyata antusias peserta didik Sekolah Indonesia Cairo sangat tinggi terhadap kegiatan ini, mereka bahkan ada yang rela mengumpulkan uang untuk membeli buku yang mereka harapkan. Kamis, 15 Juli 2021 pada pukul 08.00 bus berangkat dari Sekolah Indonesia Cairo, sampai di Cairo Internasional Book Fair pukul 09.00 yang kemudian para siswa berkumpul dengan teman satu kelompok dan juga para guru pembimbingnya. Sambil menunggu Cairo Internasional Book Fair buka pada pukul 10.00 peserta didik mendapat arahan dari guru pembimbing masing-masing. Mereka juga mendapatkan tugas untuk membuat Vlog untuk masing-masing kelompok. Hal tersebut membuat peserta didik semakin antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut,

Pukul 10.00 tepat kami mulai memasuki Cairo Internasional Book Fair, kami mulai dari Hall 1 dimana pada hal tersebut berisi buku berbahasa arab dan terdapat juga beberapa buku berbagasa inggris. Sesuai dengan kelompok dan pembimbing masing-masing peserta didik mulai mengitari seluruh area Cairo Internasional Book Fair.

Kemudian di hall ke 3 kami mengunjungi stand salah satu guru yaitu Mrs. Nagla Abdurahman, dimana pada stand tersebut terdapat VR (Video Reality) yang membuat peserta didik sangat tertarik. Bahkan ada salah satu peserta didik yang berpendapat “ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan VR, semua terlihat nyata. Seakan-akan benda yang ada di video ini dapat saya raih dan pegang” kata Mishel. Banyak peserta didik yang bereput untuk mencoba VR ini, mereka sangat penasaran dengan teknologi tersebut.

Pukul 11.30 peserta didik mulai keluar dari Cairo Internasional Book Fair mereka sudah membawa bungkusan masing-masing. Hampir semua peserta didi keluar dengan barang belanjaan masing-masing, ada yang membeli Manga, Manhwa, novel, buku gambar, puzzle dan bahkan poster anime atau K-pop. Tidak kalah juga bapak-ibu guru Sekolah Indonesia Cairo banyak yang membeli buku ataupun kitab. Setelah semua peserta didik keluar dari Cairo Internasional Book Fair, para guru mulai membagikan makan siang yang dinikmati di ruang terbuka yang telah disediakan. Setelah selesai makan siang mulailah peserta didik kembali ke bus masing-masing untuk menikmati perjalanan kembali ke Sekolah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial