4 December 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

KEMENKEU MENGAJAR KE-6 BERSAMA SEKOLAH INDONESIA CAIRO

3 min read

Pagi ini suasana pembelajaran Sekolah Indonesia Cairo berbeda dari hari-hari biasanya, karena hari ini kegiatan belajar siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini siswa siswi Sekolah Indonesia Cairo akan diajar oleh para pengajar dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Pasti pada bingung dong, kenapa Kementrian Keuangan Republik Indonesia dapat mengajar siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo. Yups Kementrian Keuangan Republik Indonesia mempunyai program bernama Kemenkeu Mengajar. Kemenkeu Mengajar merupakan sebuah kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah yang dilaksanakan oleh pegawai Kementerian Keuangan yang mendaftar sebagai relawan. Relawan akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan juga akan mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa oleh Kementerian Keuangan.

Dan asal kalian tau teman-teman, tahun ini Kemenkeu Mengajar sudah pada tahun ke 6, dan sekolah Indonesia Cairo mendapat kesempatan untuk diajar oleh para pengajar dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Tentu saja hal tersebut sangat menarik bagi siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo yang jauh dari negara Indonesia. Kegiatan tersebut diawali sapaan hangat pembawa acara Kakak Yogi yang kemudian dilanjutkan pembacaan tilawah oleh Ananda Dzaky Nailul Faiz kelas 7 SMP Sekolah Indonesia Cairo. Keudian acara dilanjutkan dengan acara sambutan yang diawali sambutan dari Direktur Jendral Kekayaan Negara Bapak Rionald Silaban, dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa pentingnya pendidikan bagi bangsa Indonesia. Untuk memajukan bangsa Indonesia perlu adanya peningkatan pendidikan di Indonesia melalui pengembangan infrastruktur dan juga melalui program-program seperti Kemenkeu Mengajar ini.

Sambutan selanjunnya adalah sambutan darai Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur, dalam Pidatonya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas dipilihnya Sekolah Indonesia Cairo sebagai sekolah untuk program Kemenkeu Mengajar yang ke-6. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan salah satu program Sekolah Indonesia Cairo yaitu Program Sekolah Entrepreneurship. Acara selanjutnya adalah perkenalan dari kakak-kakak pengajar dan juga documenter yang akan menemani siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo. Sebelum masuk ke kelas-kelas kecil, ada materi dari Direktur Utama PT Penjamin Infrastruktur Indonesia Bapak M. Wahid Sutopo. Beliau menyampaikan materi tentang pembangunan Infrastruktur yang ada di Indonesia sekarang ini. Beliau juga menyampaikan bahwa perkembangan infrastruktur di Indonesia saat ini sangatlah pesat sekali. Setelah materi beliau sampaikan ternyata banyak sekali siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo yang yang sangat antusias untuk bertanya. Bahkan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang sangat menarik dari siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo. Karena antusiasnya siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo bertanya, sampai waktu yang diberikan pun habis.

Setelah itu kegiatan di bagi dalam kelas-kelas kecil yang kemudian semua siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo akan menerima materi-materi menarik dari kakak-kakak pengajar. Setiap kelompok akan mendapatkan materi yang berbeda-beda sesuai dengan pengajarnya, yang pasti semuanya sangat menarik. Setelah kegiatan kelompok selesai semua peserta kembali ke kegiatan bersama untuk melakukan kegiatan penutup. Nah untuk kegiatan penutup ini dimulai dengan kesan dan pesan dari bapak/ibu guru Sekolah Indonesia Cairo yang diwakili oleh Bapak Ridony kemudian dilanjutkan dari siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo yang diwakili oleh Ananda Amira Alfi kelas XI terakir pesan dan kesan dari kakak pengajar yang diwakili oleh kakak Guindra Nugraha. Setelah pesan dan kesan acara berikutnya adalah mendengarkan lagu konser virtual yang dibuat oleh perwakilan seluruh sekolah dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar ke 6 ini. Dan tentu saja Sekolah Indonesia Cairo juga mewakilkan salah satu siswa kami yaitu Ananda Putu Wilya Indriana Mandasari kelas VI SD. Selain itu pada kegiatan tanya jawab langsung bersama Mentri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrawati, sekolah Indonesia Cairo diwakili Oleh Ananda Marwa Muhlason kelas IX SMP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial