13 September 2024

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Dian Pinru dan Pinsa 2024 Gudep KBRI Kairo: Bekal Bagi Seorang Pemimpin

2 min read

Kairo – Gugus Depan Gerakan Pramuka (Gudep) KBRI Kairo di tengah padat dan banyaknya acara, menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk Geladian Pimpinan Regu Penggalang (Pinru) dan Pimpinan Sangga Penegak (Pinsa). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2024 di pangkalan Sekolah Indonesia Cairo (SIC). Sebanyak 22 peserta didik dengan rincian 14 pinru dan 8 pinsa akan mengikuti kegiatan ini. Mereka didampingi oleh 4 pembina pramuka selama kegiatan berlangsung.

Mengusung tema “Setia, Siap dan Sedia”, melalui kegiatan ini diharapkan para pinru dan pinsa dapat mendapatkan berbagai macam pendidikan serta pelatihan dalam memimpin, mengelola dan mengatur regu atau sangganya masing-masing. Membekali para pinru dan pinsa ini menjadi sangat penting agar Sistem Beregu yang merupakan salah satu Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan dapat dijalankan dengan maksimal.

Kegiatan ini dibuka oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo sekaligus Ketua Gudep KBRI Kairo, Kakak Abdul Muta’ali, Ph.D pada hari Kamis, 1 Agustus bertempat di Aula SIC. Dalam amanatnya beliau menyampaikan, “Adik-adik pramuka ini diibaratkan sebagai pondasi sebuah bangunan. Layaknya sebuah turbin dalam mesin pembangkit listrik yang selalu bergerak menghasilkan energi. Tidak cukup adik-adik ini memiliki nilai akademik yang bagus, harus juga punya softskill seperti kejujuran, keberanian dan ketangguhan. Turbin itu tidak terlihat kerja kerasnya tapi hasilnya luar biasa. Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam ide dan gagasan serta menjadi contoh bagi teman-teman lainnya.” Selanjutnya dilanjutkan dengan memainkan angklung sebagai bentuk simbolis dari pembukaan kegiatan ini.

Giat Dian Pinru dan Pinsa ini terdiri dari beberapa sesi, baik sesi dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Setelah upacara pembukaan, para peserta pulang menuju rumah masing-masing dan akan melanjutkan kegiatan dalam sesi daring pada pukul 18.30 Waktu Lokal Kairo. Sesi daring ini terdiri dari 2 sesi dengan tema Sejarah Kepramukaan dan Budaya Daerah. Dimana masing-masing kelompok kerja bertugas untuk menjelaskan dan mempresentasikan sub-sub tema yang telah dibagikan sebelumnya. Para pesera mengikuti sesi daring dari rumah masing-masing dengan aktif dan semangat.

Keesokan harinya di hari Jum’at, kegiatan dilanjutkan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Walaupun di hari libur, para peserta tetap menuju ke sekolah dengan ceria dan bahagia. Terlebih bagi 10 peserta yang bertempat tinggal di daerah Nasr City. Mereka harus menempuh jarak 25 km untuk menuju ke SIC dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit di perjalanan. Kendatipun demikian, tidak ada keluh dan kesah dari raut muka mereka. Karena pramuka tak pernah bersusah. Apa guna keluh kesah?

Kegiatan di hari kedua dimulai pada pukul 09.00 dengan sesi Peran Pinru dan Pinsa, Organsisasi Regu dan Sangga, Administrasi Regu dan Sangga, Menyusun Program Latihan, Mengevaluasi dan Membuat Laporan, Melatih SKU dan SKK dan ditutup dengan Rencana Tindak Lanjut pasca kegiatan. Sesi-sesi tersebut diberikan tidak hanya dengan metode ceramah tapi juga penugasan, diskusi, kerja kelompok, pencatatan dan penilaian guna melatih keterampilan dan kecakapan para peserta dengan lebih maksimal.

(Penulis: Iqbal Zulfikar Setyadi, penyunting: Abdul Hasan)

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Əvvəlcədən, təsvirə üçün, bu oyunu sevənlər üçün əlamətdar bir seçimdir. 1win də uduşlarınızı çıxarmaq 1Win Aviator saytında və mobil və sairə Spribe oyunlarını da ixtira edə bilərsiniz. üstünlük verdiyiniz Ayrıca, istifadəçi dialoq tarixini HTML formatında kompüterinə yükləyə bilər 1win. 1win oyna Virtual idmanları real pul qazancı və alışlar olmadan da oynamaq mümkündür. olan azərbaycanlı