Tematik : Tari Bandidin Sumatera Barat

Siswa siswi kelas 1 dalam pelajaran tematik tema 5 dengan tema Pengalamanku sub tema 2 Pengalaman bersama teman siswa siswi belajar menari daerah dengan gerakan sederhana, berdasarkan pendekatan pembelajaran saintifik, mencoba hal baru bersama teman : seluruh siswa siswi kelas 1 menirukan gerakan menari yang diajarkan oleh guru dengan iringan musik.

Tari Indang atau juga dikenal dengan tari Dindin Badindin adalah salah satu tarian khas pesisir Pariaman, Sumatera Barat. Gerakan tari yang tegas serta diiringi dengan tuturan lisan ini sekilas mirip dengan tari saman (Aceh). Namun, gerakan tari Indang lebih variatif dan sarat akan da’wah.

Indang sebenarnya merujuk pada alat musik menyerupai rebana, namun berukuran lebih kecil (sekitar 18 – 25 cm). Ini juga menjadi pembeda antara tari Indang dengan Tari Saman. Jika tari saman menggunakan pelafalan serta bunyi-bunyian A Capella yang berasal dari tepuk tangan dan anggota badan, Tari Indang banyak menggunakan indang sebagai pengatur tempo musik. sumber