Mengasuh Anak di Masa New Normal

Seminar Smart Parenting merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setahun sekali di awal tahun pelajaran baru sebagai bentuk apresiasi dari sekolah untuk orangtua / wali murid supaya selaras dalam mendampingi tumbuh kembang anak di era digital sehingga terjalin sinergi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua / wali murid. Sangat penting mengedukasi orang tua / wali murid dalam pengasuhan anak karena tumbuh kembang anak tak luput andil dari orang tua dan sekolah. Di masa pandemi ini banyak orang tua yang putus asa dengan keadaan sekitar karena Ini adalah situasi baru yang belum pernah kita alami sebelumnya. Kita harus menyadari bahwa teman-teman itu sangat penting untuk semua anak. Karena itu orang tua butuh untuk menemukan cara-cara kreatif baru untuk mendukung anak-anak untuk tetap masuk kontak dengan teman-teman mereka melalui komunikasi misalnya melalui telepon, surat, gambar dan social media.
Sebagai saran dan rekomendasi untuk orang tua dan pendidik dalam memenuhi hak anak di situasi darurat, termasuk cara menghindari salah pengasuhan anak dalam keluarga. Harus ada cara yang berbeda dalam pengasuhan anak selama masa new normal ini.
Pendidik harus menjaga hubungan dengan semua anak untuk memantau pekerjaan rumah mereka serta situasi sosial mereka
Lembaga Pendidikan dapat mendukung guru untuk mengembangkan siswa siswinya melalui kompetensi dan memberikan sumber daya yang memadai sehingga para pendidik tidak ragu untuk menambahkan beberapa informasi yang diperlukan.
Tujuan

  1. Meningkatkan tali silaturahmi antara sekolah dan orang tua / wali murid.
  2. Menjadikan acara ini sebagai motivasi dalam pola asuh anak di rumah.
  3. Sebagai ajang diskusi bagi orang tua kepada pakarnya dalam mendampingi tumbuh kembang anak.
  4. Menambah wawasan yang lebih bagi orang tua / wali murid dalam psikologi anak.
  5. Orang tua / wali murid harus siap untuk memberikan dukungan ekstra kepada anak-anak dengan cara yang berbeda dari biasanya setelah mengikuti seminar smart parenting.
  6. Mempersiapkan orang tua / wali murid untuk mendengarkan dan berbicara dengan anak-anak tentang pertanyaan dan ketakutan mereka masalah pandemi dan situasi yang luar biasa ini sehingga orang tua harus memiliki pengetahuan yang memadai dari pakarnya
  7. Memberikan layanan Bimbingan Konseling kepada orang tua / wali murid.

Acara smart Parenting Online ini diisi oleh dua narasumber yaitu :

  1. Dr. Arri Handayani, S. Psi, M. Si ( Kepala Pusat Kependudukan Perempuan dan Perlindungan Anak ( PKPPA )- LPPM Universitas PGRI Semarang.
  2. Eko Sugiarto, S. Pd ( Guru BK Sekolah Kota Kinabalu )
    Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Kepala Sekolah Indonesia Cairo yaitu bapak Ismail Nur, Lc, M.Ag
    Dalam acara ini ada beberapa sambutan yaitu dari Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Duta Besar RI Cairo yaitu Drs. Helmi Fauzy, Atase Pendidikan Dan Kebudayaan KBRI Cairo yaitu Dr. Usman Syihab, M. A, Ketua Komite Sekolah Indonesia Cairo yaitu Bapak Ahmad ramadhan. Acara dihadiri oleh seluruh wali murid Sekolah Indonesia Cairo melalui zoom, dan terkoneksi dengan Youtube Sekolah Indonesia.