18 September 2020

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi, berprestasi

Peresmian Perpustakaan Digital Sekolah Indonesia Cairo ( SIC)

3 min read

Jumat berkah hari ini, SIC melunching Perpustakaan Digital. Acara ini dihadiri semua oleh sivitas keluarga Besar SIC. Dan Kesempatan berbahagia ini hadir ATDIK KBRI Kairo Bapak Prof. Bambang Suryadi, Ph.D. dan Bapak Ramadhan, selaku ketua Komite SIC.

Sambutan Pertama dimulakan oleh Bapak Kepala Sekolah SIC Ismail Nur, dengan memberikan gambaran sekitar situasi perpustakaan SIC dari model tradisional hingga dilunching ke model digital. selanjutnya beliau meminta kepada bapak Atdik untuk memberikan sambutan pada acara peresmian ini.

Dalam sambutan bapak ATDIK, menyampaikan apresiasi yang positif terhadap pembukaan perpustakaan digital SIC. Ini adalah kali pertama digalakan dan dilakukan di lingkungan SIC. Dari sebelumnya perpustakaan tradisional ke E-Perpus yang bisa diakses secara online. Beliau mendorong siswa-siswi untuk tidak hanya tenggelam dalam berleha-leha dengan gadget, tapi hendaknya mengoptimalkan gadget itu dengan literasi membaca melalui perpustakaan digital.

Pada kesempatan ini dengan Bismillah, beliau meresmikan peluncuran Perpustakaan Digital Sekolah Indonesia Cairo. Link untuk e Perpus ini bisa ditemukan di WeB site sekolah SIC.

Selayang Pandang E-Perpus

Dipaparkan oleh Kepala Perpustakaan SIC Bapak Oom AMIN,Lc.,MA

Proses belajar menuntut kemandirian dari semua civitas sekolah tak terkecuali Siswa selaku peserta didik, namun lebih luas lagi ,Guru, serta wali murid pun dituntut untuk terus belajar. Keberhasilan proses belajar tersebut tentu perlu didukung oleh ketersediaan berbagai fasilitas. Satu diantaranya adalah perpustakaan.

Keberadaan perpustakaan di sekolah sering diibaratkan sebagai sebuah jantung. Jantung yang memompa informasi ke seluruh bagian tubuh civitas sekolah, menyediakan informasi untuk membantu terlaksananya 3B Sekolah, “Berbudi ,Berkreasi dan Berprestasi”.

Perpustakaan Sekolah Indonesia Cairo, berusaha menjadi jantung yang sehat. Mengembangkan, menyebarkan informasi terseleksi dengan mempertimbangkan relevansi dan kebaruan. Juga, mendekatkan sumber informasi dan menyediakan ruang bagi pemustaka.

Saat ini, Perpustakaan SIC memiliki kurang lebih 4000 judul buku tercetak dengan berbagai macam klasifikasi, seperti buku pelajaran, buku bacaan berbahasa Indonesia,Arab dan Inggris. Buku-buku tersebut dapat dipinjam langsung di perpustakaan.

Saat pandemi Korona ini, Perpustakaan SIC mencoba mengembangkan sayap untuk merintis perpustakaan berbasis digital. Tujuannya adalah agar semua civitas sekolah terutama siswa dapat mengakses buku bacaan dimanapun berada.

Dimulai pada pertengahan bulan Agustus setelah Kepala perpustakaan SIC mengikuti Workshop Online “Membuat Perpustakaan Digital semudah menyusun buku di perpustakaan pribadi” pada tanggal 4-8 Agustus yang diadakan oleh Lead Institut, akhirnya dengan otodikak terwujudlah e-Perpustakaan SIC atau Perpustakaan digital SIC yg di-launching pada hari Jum’at, 11 September 2020,oleh bapak Atdikbud KBRI Prof. Bambang Suryadi, P.h.D.

Perpustakaan digital SIC sangat mudah sekali untuk di akses kapan dan dimana pun dengan mengunjungi link ini (http://bit.ly/e-Perpustakaan_sic #WEBSITE Resmi SIC) Alhamdulillah hampir seluruh buku- pelajaran dari jenjang SD- Sama danpat diakses memalui perpustakaan Digital SIC Ini. Selain buku pelajar, para pustaka juga akan mudah mengakses buku cerita, buku komik serta berita-berita online di Indonesia, tentunya memudahkan siapa saja yang ingin mendapatkan informasi-informasi terkini Indonesia. Selain itu perpustakaan digital SIC juga mempunya koleksi berita-berita koran Indonesia sejak bulan Agustus 2020 dalam bentuk pdf yang dapat di akses dengan mudah.

Diakhir laman Perpustakaan digital SIC terdapat photo serta video kegiatan Sekolah Indonesia Cairo, sebagai salah satu cara untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia.

Dan pada Akhirnya tidak ada gading yang tak retak. Kami sebagai Kepala perpustakaan SIC memohon bantuan kritik dan sara membangun, untuk kemajuan Perpustakaan digital SIC kedepan. Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan, kepada Allah kami memohon ampun.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial