17 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

“SIC Virtual Graduation 2021”

3 min read

“SIC Virtual Graduation”  dengan tema “Gantungkan cita-citamu setinggi langit, jika kau jatuh, kau akan berada diantara para bintang”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Juni 2021 dan diselenggarakan untuk Siswa TK B, Siswa SD Kelas 6, Siswa SMP Kelas 9 dan SMA Kelas 12 yang telah lulus dari jenjang masing-masing.

Sepuluh menit sebelum kegiatan dimulai terlihat Bapak Lutfi Rauf Duta Besar KBRI Cairo untuk Republik Arab Mesir tengah berbincang santai dengan beberapa siswa diantaranya si kembar Ali dan Ula Al Hazami  kelas I SD, Dzakiyyah Syifa El Rahmah Kelas TK serta  ananda Rania Rozaina Ahlidin siswa kelas 7. Bapak Lutfi Rauf pun terlihat sangat gembira menyambut antusias siswa yang dajak ngobrol santai sembari menunggu acara dimulai.

Tepat pukul 13.00 acarapun dimulai, kali ini  dipimpin pembawa acara Rania Rozaina Ahlidin yang memang sudah sangat ahli dalam membawakan acara. Acara pertama pembukaan,dilanjutkan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang sangat merdu dari Ula Al Hazami kelas I SD disamping itu siswa tersebut telah menuntaskan hafalan Al-qurannya sebanyak 10 Juz, selanjutnya Lagu Indonesia Raya dikumandangkan, kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan-sambutan yang diawali oleh sambutan dari Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur. Beliau menyampaikan bahwa pada lulusan tahun ini kelas 12 telah diterima di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri yaitu Ananda Nada Ribhi Yousuf Awad diterima di Universitas Cairo, Dyah Ayu Qarina diterima di Universitas Negeri Yogyakarta dan Mustafa Habiebie Idrus diterima di Institut Pertanian Bogor. Beliau juga menyampaikan betapa pentingnya pendidikan kharakter di era pandemi ini.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua Komite Sekolah Indonesia Cairo Bapak John Admiral yang kemudian dilanjutkan sambutan dari Atdikbud KBRI Cairo Bapak Bambang Suryadi. Beliau menegaskan bahwa Sekolah Indonesia Cairo sangat sukses dalam membimbing peserta didiknya, utamanya  kelas 12 dalam melanjutkan ke jenjang berikutnya, karena pada tahun 2020 sebanyak 83% lulusan Sekolah Indonesia Cairo melanjutkan Sekolah di Universitas terbaik di dalam dan luar negeri. Pada tahun 2021 ini tercatat 100% lulusan Sekolah Indonesia Cairo melanjutkan kuliah di universitas. Bahkan selama 14 tahun belakangan presentase lulusan Sekolah Indonesia Cairo melanjutkan studi di Universitas adalah sebanyak 94%.

Kemudian selanjutnya adalah sambutan dari Dubes LB-BP KBRI Cairo Bapak Lutfi Rauf, pada kesempatan ini, Bapak Dubes sangat mengapresiasi pencapaian siswa SIC yang dapat bersaing di Perguruan Tinggi ternama baik di Indonesia maupun di luar Negeri. Namun demikian beliau juga menekankan agar SIC tidak lekas berbangga diri, karena tantangan dimasa mendatang akan lebih berat lagi.

Beliau juga berpesan utamanya pada wisudawan dan wisudawati kelas 12, “ Kalian adalah bagian dariwarga negara Indonesia yang berjumlah 270 juta penduduk yang mendapatkan hak istimewa untuk masuk, untuk mendapatkan akses mengenyam pendidikan tinggi diberbagai perguruan tinggi. Oleh karena itu jangan sia-siakan waktu,jangan buang-buang waktumu untuk-hal-hal yang tidak produktif. Manfaatkan waktumu untuk terus mengembangkan diri, manfaatkan waktumu untuk meningkatkan kapasitas, dan meningkatkan kwalitas. Sehingga para wisudawan nantinya akan menjadi manusia yang berkwalitas tinggi dan mampu memenaingi persaingan dimanapun berada.

Tak terasa acara Wisuda Siswa TK B,kelas VI, kelas IX dan kelas XII pun selesai dilaksanakan diselingi penampilan tari tradisional oleh ananda Putu Wilya, penampilan menyanyi lagu “Guruku Tersayang” oleh ananda Dzakiyyah Syifa El Rahmah, penampilan medley dari siswa kelas lima SD dengan lagu berjudul “See you again”, dan terakir salam perpisahan dari ananda Dyah Ayu Qarina. Acarapun ditutup dengan doa oleh Bapak Misbahul Munir. Pada pukul 15.15 waktu Cairo.

Acara “ SIC Virtual Graduation 2021” Begitu Istimewa karena dihadiri lebih dari 100 audien, selain dihadiri  Duta Besar LB-BP KBRI Cairo Bapak Lutfi Rauf, Atdikbud KBRI Cairo Bapak Bambang Suryadi, dan beberapa kepala sekolah SILN lain seperti: Kepala Sekolah Luar Negeri dari Denhag Bapak Herman Tahir, Kepala Sekolah Indonesia Riyadh Bapak Abdullah Syifa, Kepala Sekolah Indonesia Jeddah Bapak Sutikno, dan Kepala Sekolah Indonesia Mekah Bapak Bunyamin yang turut hadir. Acara tersebut juga dihadiri oleh kepala sekolah purna tugas Bapak Samsul Hadi serta beberapa guru purna tugas yg lain pun turut hadir sampai acara selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial