16 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

KUNJUNGAN PERTUKARAN BUDAYA DARI AL-BASHAER INTERNATIONAL SCHOOL

3 min read

Sekolah Indonesia Cairo pada hari Rabu, 14 Juli 2021 mendapat kunjungan dari salah satu sekolah internasional di Mesir yaitu Al-Bashaer International School. Sekolah tersebut berkunjung ke Sekolah Indonesia Cairo untuk melakukan pertukaran budaya melalui Sekolah Indonesia Cairo.

Tampak ramai dan riuh pagi ini suasana Sekolah Indonesi Cairo karena banyak anak SD yang sedang berbaris masuk ke dalam kawasan Sekolah Indonesia Cairo. Mereka adalah siswa siswi dari SD yaitu Al-Bashaer International School mereka berkunjung ke Sekolah Indonesia Cairo dengan tujuan melakukan pertukaran budaya dengan Sekolah Indonesia Cairo yang notabene adalah satu-satunya sekolah Indonesia yang berada di Republik Arab Mesir.

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Al-Bashaer International School yaitu kegiatan Summer Camp. Sekolah Indonesia Cairo menjadi destinasi terakhir dalam kegiatan Summer Camp tersebut, mereka mengunjungi Sekolah Indonesia Cairo selain dengan tujuan pertukaran budaya adalah karena mereka ingin mengunjungi Indonesia tahun depan. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Osama Mubarak, the Educational Director and the Psychological consultant dan Mrs. Elham, Public Relations officer and the parents’ coordinator di Al-Bashaer International School sebagai pembimbing pada kegiatan tersebut.

Dengan tujuan tersebut mereka berkunjung di Sekolah Indonesia Cairo untuk melihat bagaimana budaya dan tempat pariwisata apa saja yang dapat mereka kunjungi di Indonesia nantinya. Sejalan dengan salah satu tugas Sekolah Indonesi Cairo sebagai sekolah Duta Budaya di Republik Arab Mesir. Sekolah Indonesia Cairo menyambut secara hangat kedatangan siswa-siswi dari Al-Bashaer International School.

Kegiatan dimulai dari berkumpul di Aula Sekolah Indonesia Cairo untuk melaksanakan acara penyambutan terlebih dahulu. Kegiatan tersebut dipandu oleh Bapak Bentar Nuur Robbikah dan Bapak Misbakhul Munir sebagai pembawa acara sekaligus pemandu dalam melihat Sekolah Indonesia Cairo. Setelah acara pembukaan adalah sambutan selamat datang dari Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur. Beliau menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan dari Al-Bashaer International School ke Sekolah Indonesia Cairo. Beliau berharap dengan kunjungan ini dapat memberikan wawasan tentang negara Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa Sekolah Indonesia Cairo akan berkunjung ke Al-Bashaer International School di bulan Agustus nanti.

Selanjutnya adalah sambutan dari Dr. Osama Mubarak, the Educational Director and the Psychological consultant, beliau mengucapkan rasa terima kasih telah disambut dengan hangat oleh Sekolah Indonesia Cairo dan mereka berharap dapat mempererat hubungan antara dua sekolah bahkan dua negara melalui kunjungan ini. Beliau juga menantikan Sekolah Indonesia Cairo dapat melawat ke Al-Bashaer International School. Beliau juga menambahkan bahwa hubungan Indonesia dengan Mesir yang sudah berlangsung lebih 75 tahun ini sangat bagus, dan tercatat bahwa Mesir adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan Bangsa Indonesia.

Kemudian selanjutnya adalah penampilan dari siswa-siswi Al-Bashaer International School, di mana mereka membawakan lagu berbahasa Arab dan juga gerakan terjemah untuk penyandang tuna rungu. Memang tema utama kegiatan Summer Camp mereka kali ini adalah Rasa Toleransi untuk Penyandang Tuna Rungu di Mesir. Dan pada kegiatan tersebut juga diadakan pertukaran kenang-kenangan dari masing-masing sekolah.

Selanjutnya adalah paparan video tentang Indonesia, mulai dari ragam budaya, makanan, pakaian adat sampai tempat pariwisata di Indonesia. Para siswa-siswi sangat tertarik dengan paparan yang disampaikan oleh Pak Bentar dan Pak Munir. Hal tersebut terlihat setelah acara pemaparan selesai, hampir semua siswa-siswi Al-Bashaer International School mengajukan pertanyaan. Mereka saling berebut pertanyaan yang mereka ajukan kepada pembawa acara.

Acara terakhir adalah tour melihat Sekolah Indonesia Cairo, dalam acara tersebut siswa-siswi dari Al-Bashaer International School dibagi menjadi 2 kelompok, di mana kelompok pertama dipandu oleh Pak Bentar dan kelompok kedua dipandu oleh Pak Munir. Kunjungan pertama mereka adalah mini museum yang terdiri dari alat music tradisional Indonesia yaitu angklung dan gamelan beserta gambar-gambar wilayah Indonesia dan gambar-gambar tokoh pewayangan. Selanjutnya adalah kunjungan melihat ruang kelas dan laboratorium Sekolah Indonesia Cairo.

Dalam kunjungan tersebut terlihat wajah bahagia para siswa-siswi dari Al-Bashaer International School selain itu mereka juga mendapatkan kenang-kenangan dari Sekolah Indonesia Cairo berupa Bendera Merah Putih dan juga pin bergambar Wayang, mereka sangat menyukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial