13 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Workshop Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Empati bersama P2M Universitas Negeri Jakarta

3 min read

Sekolah Indonesia Cairo bekerjasama dengan P2M Universitas Negeri Jakarta dalam rangka meningkatkan empati peserta didik Sekolah Indonesia Cairo melalui media Komik. Selama pandemic covid-19 ini guru tidak pernah bertemu tatap muka dengan siswanya masing-masing, hal ini menyebabkan kekhawatiran dalam membentuk empati terhadap peserta didik oleh karena itu kerja sama tersebut dilakukan untuk dapat membangun empati peserta didik.

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia. Manusia sudah mulai menunjukkan tanda-tanda empati sejak bayi dan akan semakin berkembang selama masa anak-anak dan remaja. Namun, tingkat empati seseorang bisa saja berbeda dengan orang lainnya. Ada orang yang mudah untuk berempati, ada pula yang sulit untuk melakukan hal tersebut.Perbedaan tingkat empati ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain lingkungan sosial di masa kecil ataupun sekarang, cara pandang terhadap sesuatu, pola asuh orang tua, pengalaman masa lalu, dan harapan-harapan yang dimiliki.

Sangat penting sekali membentuk empati pada diri peseta didik, agar mereka menjadi generasi yang lebih baik. Apalagi dimasa pandemic covid-19 ini empati antar sesama manusia sangatlah penting untuk saling membantu sesama manusia yang mengalami kesusahan.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh pihak Universitas Jakarta, diawali dengan pembacaan susunan acara oleh saudara Dilah yang kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh bapak Awaludin Tjala sebagai ketua tim pengabdian masyarakat kolaborasi internasional Sekolah Indonesia Cairo bekerjasama dengan P2M Universitas Negeri Jakarta. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah diawali dengan FGD bersama guru dan beberapa orang tua wali murid untuk mendapatkan materi dalam workshop ini.

Sambutan selanjutnya adalah dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Bapak Fahrurozi. Dalam sambutanya beliau menyampaikan kerjasama ini diharapkan tidak hanya sampai pada worksop ini saja akan tetapi diharapkan dapat dilanjutkan untuk kerjasama dalam bidang praktek lapangan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Sambutan selanjutnya adalah kepala P2M Universitas Negeri Jakarta Bapak Ucu Cahyana. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kerjasama berikutnya adalah magang mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, melalui pengalaman kegiatan mengajar di Sekolah Indonesia Cairo.

Selanjutnya adalah sambutan beserta membuka kegiatan Workshop Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Empati bersama P2M Universitas Negeri Jakarta oleh Atase Pendidikan KBRI Cairo Bapak Bambang Suryadi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kebutuhan dalam layanan bimbingan konseling  di era ini sangatlah penting, dan paradigma yang kita gunakan sekarang ini adalah bimbingan konseling yang komprehensif yang tujuannya utama adalah untuk menciptakan kesejahteraan psikologi tidak hanya untuk para siswa tetapi juga untuk para guru dan tenaga kependidikan.

Kemudian acara selanjutnya materi disampaikan oleh Ibu Nina Nur Khasanah yaitu materi tentang  empati kemudian materi kedua oleh Ibu Wirda Hanim tentang instrument empati. Sangat jelas sekali materi yang disampaikan oleh kedua pemateri tersebut. Diakhir acara  terdapat sesi tanya jawab yang pada kesempatan tersebut digunakan oleh bapak Abdul Hasan untuk menanyakan beberapa pertanyaan mengenai indikator empati dan cara penilaian empati tersebut. Pembahasan berlangsung cukup lama, hingga melebihi waktu yang dijadwalkan. Akhirnya kegiatan ditutup denga tugas untuk para Guru Sekolah Indonesia Cairo tentang Empati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial