14 April 2024

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Student Future Talks “Cloning and Smart Home after 100 Years”.

2 min read

Pada hari Ahad tanggal 26 Februari 2023, siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo berpartisipasi dalam kegiatan Student Future Talks dengan tema “Cloning and Smart Home after 100 Years”. Kegiatan yang diadakan di Seven Pillars International School ini merupakan kolaborasi dari 3 sekolah yaitu Sekolah Indonesia Cairo, El Kods International School dan Seven Pillars International School sebagai tuan rumah.

Pada kegiatan ini, anak-anak ditantang untuk berpikir dan berimajinasi secara kritis namun tetap dalam perspektif ilmu pengetahuan, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui perdebatan tentang 2 topik yaitu Cloning dan Smart Home, keduanya dilihat dari latar waktu 100 tahun yang akan datang.

Peserta dari 3 sekolah berbeda dibagi secara acak menjadi 4 kelompok. Masing-masing topik didiskusikan oleh 2 kelompok yaitu kelompok pro dan kelompok kontra. Dengan dipandu oleh 3 orang dewan juri, kegiatan debat berlangsung meriah. Anak-anak tampak sangat bersemangat dalam menyampaikan gagasan, menjawab pertanyaan dewan juri, maupun saling bertanya-jawab dengan kelompok lain. Acara pun semakin meriah dengan gemuruh sorak sorai dari suporter yang hadir yang terdiri dari wali murid, para siswa lain, dan dewan guru. Keseluruhan acara diselenggarakan dalam Bahasa Inggris.

Pada kesempatan ini Mrs. Naglaa Abdelrahman, Guru Science di Sekolah Indonesia Cairo dan Seven Pillars International School yang merupakan salah satu inisiator kegiatan ini menyampaikan pesan bahwa tujuan dari kegiatan ini bukanlah untuk memenangkan perdebatan tetapi melalui kegiatan ini anak-anak diharapkan mampu berpikir kritis, berimajinasi secara ilmiah, berkolaborasi dalam tim, berani mengkomunikasikan ide dan gagasan di depan umum serta bisa menghargai pendapat orang lain.

Usai acara, anak-anak mengaku mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan sangat bersemangat untuk menunggu kegiatan-kegiatan menarik dan menantang lainnya.
Sekolah Indonesia Cairo… Jaya Jaya Jaya…!!!

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial