PROGRAM LKMA, INSATAMA KE SEKOLAH INDONESIA KAIRO-MESIR

Bapak Kepala Jabatan Tangan Dengan Katua Rombongan Tamu

PROGRAM LKMA, INSATAMA KE SEKOLAH INDONESIA KAIRO-MESIR.

Dari Indonesia, kunjungan program Latihan Kepemimpinan dan Manajemen tingkat Akhir(LKMS) 2019

Sekolah Indonesia Kairo(SIC), hari selasa, 5 Nopember 2019 menerima tamu dari SMA IT INSAMNIA Bogor. Kunjungan ini merupakan bagian dari Program Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Tingkat Akhir(LKMS)2019, yang bertujuan melatih dan meningkatkan daya dan nalar kepemimpinan siswa.

Program ini, menjadi wajang tukar ide dan pengalaman siswa dan sekolah dalam pembentukan pribadi pemimpin(Leadership) terlatih, percaya diri dan mandiri di masa depan.

Program kepempinan INSATAMA sebagai bagian dari misi utama sekolah tersebut, digalakan dari dan sejak tingkat dasar SD, SMP dan SMA. Dan secara khusus untuk tingkat SMA untuk progrma LKMS tersebut, diprogramkan untuk kunjungan negara-negara terpilih.

Mereka sebelumnya sudah melakukan program LKMS ini, ke beberapa negara, sebutlah Malasyia, Singapore dan New Zealand. Dan di 2019 ini, dua negara yang menjadi tujuan “berlayar”nya adalah Mesir dan Uni Emirat Arab.

Mesir menjadi tujuan program LKMS karena “Mesir memiliki peradaban tertua di dunia dan merupakan induk dari peradaban. Di sana ada kampus tertua, pusat ilmu pengetahuan, dan masyarakatnya dikenal gemar membaca,”. Adapun UEA sebagai tujuan kedua setelah Mesir, “UEA merupakan salah satu negara teraman di dunia dengan hampir 0 persen tingkat kriminalitas. Pengangguran di sana hanya 2,46 persen dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Dan, UEA adalah negera dengan lingkugan yang Islami.” demikian disampaikan pada pada sesi presentasi tentang INSATAMA dan Program LKMS ini.

SIC dalam kesempatan ini, mempertontonkan tari dan lagu solo dari anak-anak SD SIC, dan beberapa penampilan lainnya. Sedang dari INSATAMA, dengan pertujunkan Silat, tari Saman dan Angklung.

Dalam kesederhanaan tempat, Suasana penyambutan dan berbagi ide dan pendapat berjalan dengan baik, Bapak Ismail Nur, Selaku Kepala SIC memberikan sambutan sekaligus penyampaian tentang SIC sejarah dan latar belakang, dan pengenala program. Fungsi ATDIK KBRI Kairo, Bapak DR. Usman Shihab, disela kesibukan tugas, sempatkan diri menghadiri acara ini, sembari mengambil gambar dan dokumentasi jalannya acara. Perwakilan INSATAMA, memberikan paparan seputar program LKMA tersebut.

Siswa dari dua pihak, SIC(diwakili siswa SMA serta OSIS) dan INSATAMA, duduk bersama, dan bersosialisai serta bertukar info dan pengalaman. Savero MC SIC, dalam bahasa Inggris memberikan performance pembaca acara yang baik sekali. begitu pula persembahan tarian anak-anak SMP SIC.

Acara ditutup dengan bertukar cenderamata dari SIC ke INSATAMA dan sebaliknya, lanjut dengan ramah tamah,

Usai dari SIC, INSATAMA akan berkunjung ke kampus Al Azhar lalu ke sekretariat PPMI bertemu dengan pengurus Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesi(PPMI) mesir.