17 September 2021

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

Sekarang ini perkembangan jaman sudah memasuki era 5.0, dimana teknologi sekarang ini menjadi kebutuhan setiap orang. Teknologi sekarang ini membantu umat manusia dalam segala kebutuhan di setiap bidang, mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai bidang pekerjaan. Semuanya membutuhkan teknologi untuk meringankan beban manusia. Teknologi yang sekarang ini berkembang dengan cepat mungkin adalah teknologi komputer, handphone dan juga internet. Ketiga teknologi tersebut berkembang dengan kemajuan software atau perangkat aplikasi yang ada pada setiap perangkat. Setiap pemilik software atau aplikasi ini bekerja keras untuk mengembangkan aplikasi yang mereka miliki agar mampu bersaing dengan pasar. Begitu juga dengan Google, sekarang ini mungkin merupakan platform perangkat lunak terbesar diseluruh dunia. Yang hamper disetiap gawai dan komputer kita pasti memiliki perangkat lunak tersebut.

Tidak hanya teknologi saja yang berkembang, kamipun sebagai guru juga harus dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, kami tidak bisa mengajar secara langsung tatap muka. Maka dari itu kamipun harus mengembangkan diri agar dapat mengikuti perkembangan zaman sekarang ini. Google yang merupakan platform perangkat lunak terbesar di dunia telah meluncurkan sebuah aplikasi komplek dalam bidang pembelajaran, yaitu Gsuit. Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran, kitapun dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google meet, untuk tugas kita dapat menggunakan classroom, dll. Dari sinilah perlu adanya pelatihan untuk mempelajari semua aplikasi Gsuit tersebut agar dapat kita manfaatkan dengan baik dalam pembelajaran.

Maka pada tanggal 19-21 februari 2021 SILN seluruh dunia dengan difasilitasi oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan melaksanakan pelatihan perangkat lunak Gsuit dengan master trainer ibu Kulsum Nurharyati. Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah dalam proses pembelajaran dimasa pandemic ini. Apalagi sudah lebih dari 1 tahun pandemic Covid-19 melanda seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sudah hamper 1 tahun tidak ada pembelajaran tatap muka di kelas. Agar materi dapat tersampaikan dengan baik sekarang ini. Maka perlu adanya pe;latihan Gsuit tersebut untuk meningkatkan kemampuan setiap guru dan juga mengembangkan potensi guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial