30 November 2022

Sekolah Indonesia Cairo

Berbudi, berkreasi & berprestasi

HUT SEKOLAH INDONESIA CAIRO, AJANG PERTUKARAN BUDAYA INDONESIA DAN MESIR.

2 min read

Sekolah Indonesia Cairo,Mesir merayakan ulang tahunnya yang ke-65, Ahad 26 Desember 2021.  mengangkat tema “Merajut Persaudaraan Berbalut Budaya” Sekolah Indonesia Cairo(SIC) juga menggandeng  sekolah-sekolah International yang ada di Mesir, sehingga menjadi ajang pertukaran dan pengenalan budaya melalaui beberapa rangkaian acara yang dilaksanakannya.

Memulai rangkaian perayaannya, Sekolah Indonesia Cairo(SIC) melaksanakan “Senam Sehat”, Jumat 24 Desember, di Nadi Moyah, Kairo. Acara tersebut dihadiri para siswa, wali murid dan tenaga penagajar SIC, serta tidak ketinggalan dari  Seven Pillar International School dan Sun of Glory International School  yang terlihat antusias mengikuti senam khas Indonesia yaitu poco-poco. Turut pula hadir  Dr.Lutfi Rauf, MA , selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Mesir beserta rombongan pejabat dan staff KBRI Kairo.

Lutfi Rauf mengatakan,  keberadaan SIC yang sudah lama itu merupakan testimoni dan bukti hubungan antara Indonesia dan Mesir sangatlah dekat. (diaspora-red)

“Eksistensi SIC yang melayani warga kita maupun warga Mesir dalam hal pendidikan tentu sudah tidak disangsikan lagi. Ini adalah refleksi dari dekatnya hubungan antara Indonesia-Mesir,” pungkasnya.

Rangkaian selanjutnya yaitu bazar makanan dan produk serta kerajinan tangan khas Indonesia, Ahad 26 desember 2021. Para pengunjung yang didominasi oleh warga Mesir terlihat antusias mendatangi stand-stand bazar yang disediakan.

Pada  hari yang sama, SIC mengadakan Pentas Seni yang merupakan puncak dari beberapa rangkaian acara perayaan HUT SIC ke-65. Acara ini menampilkan pementasan-pementasan seni oleh para pelajar Sekolah Indonesia Cairo, seperti Tari Papua, Tari Jaipong, Tari Tortor, Simponi Kecapi, Angklung, biola, piano, paduan suara dan pertunujukan Pencak Silat yang membuat penonton berdecak kagum. Bukan hanya itu, pelajar Mesir dari Seven Pillars International School juga turut hadir dan menyumbangkan penampilan seni tradisional dan lagu Mesir sehingga acara ini menjadi ajang pengenalan dan pertukaran kesenian antara Indonesia dan Mesir.

Acara yang diadakan di distrik Zamalek, Kairo tepatnya di gedung Markaz Taklim Madani ini dihadiri pula Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Mesir, serta Perwakilan Egyptian Space Agency

Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga, Dr.Mirfat Sayyid Ahmad, sangat terharu melihat penampilan seni kedua negara(Indonesia dan Mesir) dalam pentas seni bertemakan “Persahabatan berbalut budaya” tersebut.Beliau juga menawarkan Kerjasama dengan SIC dalam berbagai kegiatan seni dan budaya di seluruh provinsi di Mesir.

Begitu pula dengan perwakilan dari Egyptian Space Agency,Dr.Muhammad Iraqi, beliau berharap kerja sama dengan Sekolah Indonesia Cairo terus berlanjut.

Kepala Sekolah Indonesia Cairo Bapak Ismail Nur,Lc.MA dalam sambutanya menyampaikan rasa syukur dan harapannya kepada Sekolah Indonesia Cairo(SIC) diumurnya yang ke-65.

‘’Semoga Sekolah Indonesia Kairo semakin jaya, menjadi generasi yang bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan siap memimpin bangsa Indonesia di masa akan datang.’’, ungkapnya.

Selain itu, dalam pertemua dengan Dr.Ashraf Subhi, Menteri Pemuda dan Olahraga Mesir dan  Duta Besar Indonesia untuk Mesir,Dr.luthfi Rauf, MA selepas pentas seni, kedua pihak berharap hubungan baik kedua negara terus berlanjut dan  Pencak Silat sebagai Olahraga Tradisional yang Mendunia bisa menjadi olahraga yang diakui sebagai olahraga resmi di Mesir.

(Alman Haris Harjuni)

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial